Catatan Tour Morocco - Spanyol

3/05/2015
smartJOURNEY Marocco – Spain
Tibalah saatnya bagaimana perjalanan ini mengukir sejarah yang pernah ada, sejarah yang terbentang ratusan tahun. Sejarah kegemilangan Islam di Eropa. Sejarah yang tak pernah padam, bahkan bagi manusia di muka Bumi ini. Sejarah yang membuktikan bahwa Islam tidak hanya berjaya di Jazirah Arab, bahkan berkembang pesat hingga daratan Eropa. Jejak-jejaknya hingga kini masih terpelihara dengan megah, indah dan mempesona. Memanjakan mata dan membuat semua keluarga besar SJ merasakan syahdu yang teramat dalam.

Tidak sedikit yang meneteskan airmata, airmata yang mengalir bercampur rasa yang beragam. Ada rasa takjub, bangga, sedih, getir dan penyesalan ketika apa yang di lihat, di sentuh, dan di pijak di depan matanya kini telah berubah fungsi menjadi milik ‘orang lain’, milik agama lain yang seolah adalah warisan mereka. ‘Semua ini adalah milik kita, milik umat Islam, suatu saat kita akan kembali memilikinya’, ujar salah seorang keluarga SA yang penuh khidmat memandangi detailnya mozaik Islam di setiap penjuru istana Al-Hambra.
AlHambra
Perjalanan pertama di Spanyol, peserta SJ berkunjung ke sebuah bangunan indah diatas bukit kota Granada, istana Al Hambra. Dinamakan ‘Al-Hambra’ mengutip dari bahasa Arab yang berarti ‘Merah’. Karena dinding yang masih terlihat jelas pada bangunan ini adalah batu bata merah dengan ukiran khas seniman Islam saat itu. Masuk ke dalam istana peninggalan kerajaan Islam itu –sesungguhnya- bagaikan masuk ke dalam masjid. Kita bisa menyaksikan keagungan ornamen Islam di setiap penjuru.

Hampir seluruh dindingnya dipenuhi kaligrafi Arab dan mozaik Islam yang benar-benar membuat mata sulit tuk berhenti memandanginya. Begitu indah dan detail, tak ayal, takbir dan tasbih kerap terdengar dari mulut peserta smartJOURNEY ini. Bahkan ada seorang Ibu sederhana peserta SJ, yang mengatakan langsung bahwa ia kerap merasakan bulu kuduk-nya merinding dan jiwanya bergejolak, merinding karena takjub merasakan kemulian Islam yang begitu indah, sulit dijabarkan oleh kata-kata. Benar karena hanya dengan mata kepala sendiri, serta jiwa yang menyentuh langsung lah, kejayaan Islam di Andalusia ini benar-benar bisa dirasakan secara gamblang.

Sedikit melangkah ke area taman Al-Hambra. Di dalam taman ini banyak sekali dijumpai kolam-kolam dengan air mancur di sana-sini. Bahkan sejumlah arsitek taman terkemuka dunia mengakui bahwa taman istanaVersailles di Perancis dan juga taman-taman di istana Inggris terinspirasi oleh General Life Al-Hambra, di Granada. (Cordobatravel).

Mau menjalin kerjasama dengan kami, butuh guide selama tour di Maroko, silahkan kontak kami di:
  •  email              : sukmahadiadi@yahoo.com 
  • Whatsapp      : +212634007045. 
  • PIN BB            : 7F1AF9AF

Share this

"Wisata Maroko - Travel & Guide bagi wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Maroko"

Nikmati wisata anda selama  di Maroko dengan jasa bimbingan wisata kami. Wisata Maroko - Travel & Guide adalah mahasiswa Indonesia di Maroko yang menguasai bahasa Arab resmi dan dialek lokal penduduk Maroko; Darijah. sejarah dan wawasan obyek wisata di Maroko.

Related Posts

Previous
Next Post »