Transportasi di Maroko

1/29/2015


Tramway Maroko di Kota Casablanca.


Kereta Api
KA baru rute Casa-Kenitra
Kereta Api merupakan sarana transportasi yang sangat nyaman untuk digunakan bila anda ingin mengunjungi berbagai kota yang ada di Maroko. Office National des Chemins de Fer (ONCF) yang bertanggung jawab atas pelayanan kereta api. Nyaman, bersih, cepat dan harga tiketnya pun terjangkau. Para turis terutama dari Eropa dan Asia sering dijumpai menggunakan kereta api saat bepergian.

Rute utama adalah:

1. Marrakech-Casablanca-Rabat--Fez
2. Casablanca-Rabat-Fes-Oujda
3. Casablanca-Rabat-Meknes-Fez
4. Casablanca-Rabat-Tangier
5. Casablanca-Rabat-Kenitra

Rute yang sering digunakan adalah dari Casablanca menuju Rabat dan Kenitra dengan pelayanan setiap 30 menit sekali; kemudian Rute Marrakech menuju Casablanca dan Fes dengnan pelayanan setiap 2 jam sekali.

Dan untuk kota-kota yang tidak terjangkau jalur kereta bisa langsung melanjutkan dengan bus yang disediakan pihak ONCF hanya dengan tiket KA yang sudah kita beli. Kota tersebut seperti Agadir, El Jadida, Tetouan, Azrou, Ain Defali, Beni Mellal, Chefchouan, Errachidia dan lainya.

Tramway 
Tramway merupakan transportasi yang baru dikembangkan di Maroko. Hanya ada dua kota yang sudah mengoperasikan tramway sebagai transportasi umum, yaitu kota Rabat-sale dan kota Casablanca.

Untuk Tramway rute Rabat-Sale baru dibuka pada akhir bulan lalu .untuk tarif naik tramway jauh-dekat di kenakan 7 Dirham per orang.

Pesawat Terbang  
Bila anda memilih untuk menggunakan pesawat untuk mencapai satu kota di Maroko, pesawat terbang merupakan salah satu pilihan yang tepat. Royal Air Maroc adalah maskapai penerbangan yang menyediakan jasa untuk itu.

Bis Antar Kota 
 
Bis CTM
Menggunakan bis di Maroko bisa juga menjadi alternatif untuk mencapai kota tujuan ketika kereta api dan pesawat tidak bisa menjangkaunya .Di sebagian kota-kota yang ada di Maroko,Tiket diproses secara elektronik dan barang bawaan disimpan di bagasi. Prosesnya hampir mirip dengan menggunakan pesawat terbang. Namun disebagian kota yang lain, masih banyak juga terminal yang menggunakan jasa calo.

Bis Dalam Kota
 
Hampir disetiap kota besar dimaroko tersedia bus dalam kota yang dikelola secara profesional yang dimiliki oleh perusahaan swasta bekerja sama dengan pemereintah setempat. Jangan khawatir, untuk bus dalam kota harganya sama, baik jauh maupun dekat. namun perlu waspada dan hati, di bus dalam kota biasanya ada pencopet yang berkeliaran.

Taksi 
Taxi biru kota Rabat
Untuk transportasi dalam kota tersedia berbagai jenis taksi. Sebagai turis, anda tidak perlu khawatir karena hampir semua taksi menggunakan argo meskipun terkadang untuk beberapa kota tertentu kita harus melakukan tawar menawar dengan sopir taksi.

Taksi dalam kota bisa dibagi menjadi dua yaitu Grand taxi dan Petit taxi. untuk Grand taxi (taksi besar) rata harganya sudah ditentukan dan tidak jauh berbeda dengan bis dalam kota. sedangkan Petite taxi (taksi kecil) dikebanyakan kota sudah menggunakan argo.

Dan uniknya taxi di kota-kota Maroko ini berbeda-beda warnanya tergantung kotanya. Seperti Rabat, taxinya berwarrna biru, Casablanca taxinya berwarna merah, Marrakech berwarna kream.

Kereta Kuda  
Bila anda pergi bersama pasangan dan ingin merasa romantis, cobalah untuk menikmati kota dengan menggunakan kereta kuda. Kereta Kuda banyak dijumpai di kota-kota wisata seperti Marrakech dan Fes. Kereta kuda yang digunakan cukup besar dengan dekorasi yang wow!

sumber: wisatamaroko.blogspot.com

Share this

"Wisata Maroko - Travel & Guide bagi wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Maroko"

Nikmati wisata anda selama  di Maroko dengan jasa bimbingan wisata kami. Wisata Maroko - Travel & Guide adalah mahasiswa Indonesia di Maroko yang menguasai bahasa Arab resmi dan dialek lokal penduduk Maroko; Darijah. sejarah dan wawasan obyek wisata di Maroko.

Related Posts

Previous
Next Post »