Tagine, Makanan Tradisional Maroko.

1/28/2015
Tagine yang siap disantap
Berbentuk seperti mangkok, kata Tagine (baca Tajine) digunakan untuk merujuk pada alat memasak sekaligus tempat penyajian. Tagine  terbuat dari tanah liat, bahan keramik berat yang berbentuk gerabah berglasir ditutupi dengan tutupberbentuk kerucut dengan bahan yang sama.  

Di Maroko, tagine adalah makanan khas yang mempunyai berbagai jenis, daritagine daging kambing, daging sapi, daging ayam, hingga tagine sayuran yang bermacam-macam pulaMakanan khas Maroko ini diberi nama sesuai wadah tanah liat yang dipakai untuk memasak.

Makanan Tagine pada dasarnya semacam rebusan yang terdiri dari campuransayuran, daging ayam atau daging kambing/sapi dengan ditambah bumbu-bumbu khas maroko seperti daun khusbur dan  mukholat. Jadi bagaimana Andamemasak tagine? memasak tagine sebenarnya sangat mudah, setelah bahan-bahan yang diperlukan terkumpul, bahan-bahan tersebut di masukkan satu-persatu ke wadah. Secara tradisional, makan tagine seperti memakan daging di tengah tumpukan sayuran. 
Anda kemudian meletakkan tutup dan biarkan untuk memasak perlahan-lahanselama kompor arang (kanoun disebut). Buah biasanya ditambahkan dalam bentuk kering untuk berkontribusi pada manisnya keseluruhan piring. Taginesjuga mengandung asin atau diawetkan lemon.

Biasanya tagine memang dipergunakan untuk merebus daging dengan api suhu yang rendah, sehingga menghasilkan daging dengan aroma yang kuat. Untuk mengetahui matang atau belum, cukup mengangkat bagian atas yang berbentuk seperti pegangan pada penutupnya. Untuk menghidangkan tajine tak perlu dipinsah ke piring saji. Selain sebagai alat memasak, piringan dari tanah liat ini juga berfungsi sebagai wadah penyajian karena bisa menyimpan panas makanan dalam waktu cukup lama. Bentuk dan tampilan yang cantik membuatnya pantas di taruh langsung di atas meja santap!

Tagine secara tradisional yang disajikan dengan roti. Ketika makan, mulai dibagian luar dengan sayuran.

Ada banyak macam-macam buku yang mengupas tentang masakan tagine yang bisa dijadikan rujukan pembuatannya.

Tagine dibuat dengan aromatik campuran bumbu dan rempah-rempah.Berdasarkan resep dan bahan utamanya, tagine bisa dikelompokkan menjadi empat jenis utama:  tagine daging, tagine ayam, tagine ikan dan tagine sayuran.Setiap jenis tersebut memiliki resep yang berbeda.
Tagine yang dihidangkan dengan Couscous

Share this

"Wisata Maroko - Travel & Guide bagi wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Maroko"

Nikmati wisata anda selama  di Maroko dengan jasa bimbingan wisata kami. Wisata Maroko - Travel & Guide adalah mahasiswa Indonesia di Maroko yang menguasai bahasa Arab resmi dan dialek lokal penduduk Maroko; Darijah. sejarah dan wawasan obyek wisata di Maroko.

Related Posts

Previous
Next Post »