Sejarah Singkat Maroko

1/28/2015
Penduduk asli Maroko adalah suku Berber. Penjajah pertama yang di kenal adalah bangsa Chartago 146 SM dan bangsa Phoenicians dari Timur Mediterania abad 12 SM. Maroko berada pada kerajaan Romawi pada abad 1 M. Islam masuk pada abad ke 685 M dan kerajaan Maroko pertama yang berdaulat berdiri pada tahun 788 M. Perpecahan bangsa Maroko terjadi pada abad 10 M yang menandai terjadinya kekacauan politik yang kemudian teratasi pada abad 11 M oleh dinasti Berber, Almoravid. Dinasti yang memperluas daerah kekuasaannya dimulai dari Spanyol hingga Senegal. Persatuan nasional maroko di warnai bangsa Berber islam yang turun-temurun.

Kekuasaan bangsa Eropa dimulai pada tahun 1415. ketika Portgal menjajah Ceuta yang diakhiri dengan kekalahan bangsa Portugis pada perang besar “Ksar el Kebir” pada tahun 1578. Pada abad ke 19 M dan awal abad 20 M potensi strategis-ekonomis Maroko kembali membaca kekuatan bangsa Eropa yaitu Prancis, Spanyol dan Jerman untuk bersaing menguasai Maroko. 

Akhirnya pada tahun 1912 Maroko menjadi wilayah protektorat Prancis dan sebagian kecil kekuasaannya dikuasai Spanyol. Pada tahun 1930 rasa nasionalisme mereka mulai bangkit dan berkembang semakin kuat setelah perang duni yang ke-II. Pada tahun 1956 Maroko mendapatkan kemerdekaan, yang kemudian dipimpin oleh seorang Sultan. Pada tahun 1957 Sultan tersebut diangakat menjadi seorang Raja yang bernama Mohammed V, yang kemudian digantikan putranya pada tahun 1961 bernama Hassan II. 

Pada awal kekuasaannya raja Hassan II menghadapi situasi nasiaonal yang diwarnai kekacauan, kudeta dan upaya pembunuhan. Hingga pada tahun 1978 raja Hassan II menemui puncak kejayaannya, ketika itu Spanyol melepaskan Sahara kedalam wilayah pengawasan Maroko-Mouritania.

Raja Hassan II meninggal pada tahun 1999, yang digantikan oleh putranya yang bernama Mohammed VI. Raja yang berpendidikan Barat ini cukup populer, berpandangan liberal-global dan banyak menaruh perhatian pada perbaikan sosial dan ekonomi. Serta mebuka demokrasi yang lebih luas pada kehidupan sosial dan Politik Maroko saat ini.

Salam Hangat Satu Jiwa Untuk Semua
by: Sang Penjelajah

Sumber: http://jelajah-maroko.blogspot.com/2012/01/sejarah-singkat-maroko.html

Share this

"Wisata Maroko - Travel & Guide bagi wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Maroko"

Nikmati wisata anda selama  di Maroko dengan jasa bimbingan wisata kami. Wisata Maroko - Travel & Guide adalah mahasiswa Indonesia di Maroko yang menguasai bahasa Arab resmi dan dialek lokal penduduk Maroko; Darijah. sejarah dan wawasan obyek wisata di Maroko.

Related Posts

Previous
Next Post »